Sabtu, 21 Februari 2015

Iman kepada qodo dan qodar

BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR ALLAH SWT

KOMPETENSI DASAR :
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar
2
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
2
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
2
1.4
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
2
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah
2

MARI RENUNGKAN

Dan tidaklah pantas bagi laki – laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan sesuatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka … (QS. Al Ahzab : 33)


Tidak pernah terbayangkan akan kehadiran kita dimuka bumi ini, semua itu menjadi kekuasaan mutlak Allah SWT. Yang bermula dari segumpal darah secara bertahap tumbuh dan berkembang menjadi wujud manusia yang sempurna.
Bayangkan, bila kita tidak mempunyai mata maka indahnya dunia hanya bisa dirasakan namun tidak pernah bisa dilihat.
Mari kaitkan dengan ayat diatas, ketika Allah SWT berkehendak sebelum atau sesudah kita lahir  semuanya menjadi kekuasaan dan ketetapan-NYA.

MARI BELAJAR TENTANG KEIMANAN
 
   Dalam kehidupan sehari – hari, kita sering mendengar orang berkata “memang ini sudah taqdir dari Allah”.Pada umumnya kalimat tersebut dikatakan saat seseorang menerima musibah atau mengalami kesulitan hidup. Untuk mengetahui benar atau salahnya ucapan tersebut, kita perlu memahami arti taqdir (qada dan qadar)

1.  pengertian Qada dan Qadar
           
Qada menurut bahasa  ada beberapa arti yaitu ketentuan, ketetapan, hukum, perintah, kehendak, pemberitahuan, penciptaan, dan memutuskan sesuatu perkara dengan ucapan atau perbuatan.
Pengertian qada menurut istilah adalah ketetapan atau ketentuan Allah sejak zaman azali (sebelum adanya_alam ini) yang belum diketahui oleh makhluk dan belum terlaksana, tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan makhluknya sesuai dengan iradah (kehendak Allah) meliputi baik buruk, hidup dan mati dan seterusnya.
Qadar menurut bahasa adalah berarti kepastian, peraturan, ukuran, dan kuasa mengerjakan sesuatu.
Pengertian qadar menurut istilah adalah perwujudan ketetapan (qada) terhadap sesuatu yang berkenaan dengan makhluk-Nya yang telah ditentukan dan telah terlaksana sesuai dengan iradah Allah. Firman Allah dalam Al Qur an surat Al Furqan ayat 2 dan surat Al Hadid ayat 22 :

وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَه تَقْدِيْرًا

Artinya : Dan Dia menciptakan segala sesuatu lalu menetapkan ukuran – ukurannya dengan tepat. (QS. Al Furqan :2)

مَااَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِي اْلاَرْضِ وَلاَفِي اَنْفُسِكُمْ اِلاَّ فِيْ كِتبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَا

Artinya : Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya tertulis dalam kitab (lauh mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. QS. Al Hadid : 22)
2.  Arti Qada dan Qadar menurut Al Qur an

a.         Qada berarti ketetapan hukum Allah swt. Firman Allah dalam Al Qur an surat Al Ahzab ayat 36 :
وَمَاكَانَ لِمُؤْمِنٍ وَّلاَمُؤْمِنَةٍ اِذَا قَضَى اللهُ وَرَسُوْلُه اَمْرًاانْ يَّكُوْنَ لَهُمُ اْلخَيْرَةُ مِنْ اَمْرِهِمْ

Artinya : Dan tidaklah pantas bagi laki – laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan sesuatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka … (QS. Al Ahzab : 33)

b.         Qadar berarti ukuran atau peraturan yang dicipta oleh Allah swt sebagai dasar dalam mengatur alam ini. Dalam peraturan tersebut ada hubungan sebab akibat. Peraturan atau ukuran tersebut menjadi undang – undang alam dan manusia terikat dengannya. Firman Allah dalam surat Al Qamar ayat 49 :

اِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنه بِقَدَرٍ

Artinya : Sungguh  Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. (QS. Al Qamar :49)
Pada ayat yang lain firman Allah dalan surat Al A’la ayat : 3 :
وَالَّذِيْ قَدَّرَ فَهَدى

Artinya :Yang menentukan kadar (masing – masing) dan memberi petunjuk … (QS. Al A’la : 3)

Untuk memperjelas mengenai qada dan qadar diberikan contoh sebagai berikut. Sejak zaman azali Allah telah menetapkan bahwa Muhammad saw. kelak akan menjadi rasul utusan Allah. Termasuk dalam ketetapan-Nya adalah Muhammad akan dilahirkan dalam keadaan yatim. Ketika Muhammad lahir sebagai anak yatim, maka saat itu qada Allah telah berwujud menjadi qadar atau taqdir. Demikian pula ketika ia diangkat menjadi rasul, saat itu qada Allah telah menjadi qadar.
Contoh lain, Saat ini Abdurohim melanjutkan pelajarannya di Madrasah Tsanawiyah. Sebelum  Abdurohim lahir, bahkan sejak zaman azali Allah telah menetapkan, bahwa seorang anak bernama Abdurohhim  akan melanjutkan pelajarannya di Madrasah Tsanawiyah. Ketetapan Allah sejak zaman azali itu disebut qadha. Kenyataannya bahwa saat ini Abdurofi melanjutkan pelajarannya di Madrasah Tsanawiyah disebut qadar atau takdir. Dengan kata lain bahwa qadar adalah perwujudan dari qadha.
Dengan memahami arti qada dan qadar, kita dapat mengerti bahwa iman kepada qada dan qadar berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala yang ada di dunia ini terjadi menurut kekuasaan dan kehendak Allah swt dan sesuai aturan yang dicipta-Nya. Jika pemahaman terhadap rukun Iman  yang keenam ini tidak hati – hati, tidak dilandasi dengan iman, serta ilmu yang benar, hal tersebut dapat menjerumuskan manusia kepada pola dan sikap hidup yang salah. Mereka salah dalam memahami kata taqdir. Mereka beranggapan bahwa segala nasib manusia, baik atau buruk, muslim atau kafir seseorang telah ditetapkan secara pasti oleh Allah swt. Oleh karena itu, kita perlu memahami arti qada dan qadar menurut ayat – ayat Al Qur an.
Takdir adalah pengetahuan Allah tentang segala sesuatu, termasuk segala sesuatu yang hendak Dia ciptakan atau segala sesuatu yang akan Dia jadikan pada seluruh makhluk, seluruh alam, seluruh kejadian dan segala sesuatu, serta ketentuan mengenai hal itu dan penulisannya pada Lauh Mahfuzh(papan yang terpelihara) dan takdir merupakan rahasia Allah tentang makhluk-Nya yang tidak bisa diketahui oleh malaikat terdekat maupun nabi yang diutus.
Semua yang ada di _alam ini telah diatur oleh Allah swt. Dan menurut ukuran atau aturan yang dikehendaki-Nya. Aturan atau ukuran yang diciptakan oleh Allah swt untuk mengatur alam semesta ini disebut sunnatullah atau hukum alam.Di dalam peraturan tersebut ada hubungan sebab akibat. Setelah memahami ayat – ayat Al Qur an di atas, dapat diambil pengertian iman kepada taqdir. Beriman kepada taqdir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala yang ada di dunia ini terjadi menurut kekuasaan dan kehendak-Nya yang di dalam ada hubungan sebab akibat.

3. Iman kepada takdir mengandung 4 (empat ) hal :

1.  Percaya bahwa Allah mengetahui segala sesuatu secara global maupun rinci, baik yang berkaitan dengan perbuatan-Nya sendiri (seperti : menciptakan, mengelola, menghidupkan mematikan dan sebagainya) maupun yang berkaitan dengan seluruh makhluk-Nya (seperti : ucapan, perbuatan dan ihwal-ihwal manusia, atau hal ihwal binatang, tumbuhan, benda mati dan segala sesuatu. Qs. Ath Thalaq :12
اللهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الاْٰرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْماً
Artinya : “ Allahlah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya pengetahuan Allah benar-benar meliputi segala Sesutu”.
2.  Percaya bahwa Allah telah menulis ukuran-ukuran segala sesuatu pada Lauh Mahfuzh meliputi seluruh makhluk, hal- ikhwal dan rizki. Dia menulis kuantitasnya, kualitasnya, waktunya dan tempatnya. Dengan demikian semua itu tidak bisa berubah, berganti atau bertambah, atau berkurang kecuali dengan perintah Allah.Qs. Al Hajj :70
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاء وَالاْٰرْضِ إِنَّ ذٰلِكَ فِي كِتَابٍ إِنَّ ذٰلِكَ عَلٰى اللهِ يَسِيرٌ
 “Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Sesungguhnya yang demikian itu terdapat di dalam sebuah Kitab(Lauh Mahfuzh) Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah”.
Dari Abdullah bin Amr bin Ash Berkata: “ Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda :

كَتَبَ اللهُ مُقَدِيْرِالْخلاَ ئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَْرْضَ بِخَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ قَالَ وَعَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ
 “Allah telah menulis kadar-kadar para makhluk pada 50.000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi”. Beliau bersabda :”Dan ArsyNya berada diatas air”.
3.  Meyakini bahwa alam raya tidak akan terjadi kecuali dengan kehendak dan kemauan Allah. Jadi, segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah. Apa yang dikendaki Allah pasti terjadi dan apa yang tidak Dia kehendaki pasti tidak terjadi. Baik mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Allah (seperti : menciptakan, mengelola, menghidupkan mematikan dan sebagainya) maupunhal hal yang berhubungan  dengan pekerjaan makhluk-Nya (seperti : ucapan, tindakan dan ihwal-ihwal manusia).
Qs. Al Qashash 68
وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ

“Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan Dia pilih”.

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ
''Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya.'' (Ali Imran:6).

      Adapun yang berhubungan dengan perbuatan hamba-Nya, Allah berfirman

وَلَوْ شَاء رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

  ''Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah 
 mereka dan apa yang mereka ada-adakan.''(Al-An'am:112).
4. Beriman bahwa Allah adalah Pencipta segala sesuatu. Dia menciptakan seluruh makhluk lengkap dengan fisiknya, sifatnya dan gerakannya. Tidak ada Pencipta selain Dia dan tidak ada Rabb kecuali Dia.Qs. AlQamar : 49
إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

            “ Dan Allah menciptakan kamu dan juga apa yang kamu kerjakan”.

اللهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيلٌ

    ''Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu.''(Az-Zumar: 62).

4.  Tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
Manusia berada  di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun  tidak  terlepas  dari  hukum-hukum  yang telah mempunyai  kadar  dan  ukuran  tertentu.  Hanya  saja karena hukum-hukum tersebut cukup banyak, dan kita diberi kemampuan memilih tidak sebagaimana matahari dan bulan misalnya maka kita  dapat  memilih  yang  mana  di  antara   takdir  yang ditetapkan   Allah  terhadap  alam  yang  kita  pilih.  Api ditetapkan Allah panas dan membakar, angin dapat menimbulkan kesejukan  atau  dingin;  itu  takdir  Allah. Manusia boleh memilih api yang membakar atau angin yang sejuk. Di  sinilah pentingnya  pengetahuan  dan  perlunya  ilham  atau petunjuk Ilahi. Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah adalah:  
"Wahai Allah, jangan  engkau  biarkan  aku  sendiri  (dengan pertimbangan nafsu akalku saja), walau sekejap."
        Ketika  di  Syam  (Syria, Palestina, dan sekitarnya) terjadi wabah, Umar  Ibn  Al-Khaththab  yang  ketika  itu bermaksud berkunjung  ke  sana  membatalkan rencana beliau, dan ketika itu tampil seorang bertanya:  "Apakah Anda lari/menghindar dari takdir Tuhan?"  Umar r.a. menjawab,  "Saya lari/menghindar dan  takdir  Tuhan  kepada takdir-Nya yang lain."
        Demikian juga ketika Imam Ali r.a. sedang duduk bersandar di satu tembok yang ternyata rapuh,  beliau  pindah ke  tempat lain.  Beberapa  orang  di  sekelilingnya  bertanya  seperti pertanyaan di atas. Jawaban Ali  ibn  Thalib, sama  intinya dengan   jawaban   Khalifah   Umar   r.a.  Rubuhnya  tembok, berjangkitnya penyakit adalah berdasarkan  hukum-hukum  yang telah ditetapkan-Nya, dan bila seseorang tidak menghindar ia akan menerima akibatnya. Akibat  yang  menimpanya  itu  juga adalah  takdir,  tetapi  bila  ia  menghindar dan luput dari marabahaya maka  itu  pun  takdir.
        Bukankah  Tuhan   telah menganugerahkan   manusia  kemampuan  memilah  dan  memilih? Kemampuan ini pun  antara  lain  merupakan  ketetapan  atau takdir  yang  dianugerahkan-Nya Jika demikian, manusia tidak dapat luput dari  takdir,  yang  baik  maupun  buruk.  Tidak bijaksana  jika  hanya  yang  merugikan  saja  yang  disebut takdir,  karena  yang  positif  pun  takdir.  Yang  demikian merupakan  sikap 'tidak menyucikan Allah, serta bertentangan dengan petunjuk Nabi Saw.,'  "...  dan  kamu  harus  percaya kepada  takdir-Nya  yang  baik  maupun yang  buruk." Dengan demikian, menjadi jelaslah kiranya bahwa adanya takdir tidak menghalangi  manusia untuk berusaha menentukan masa depannya sendiri, sambil memohon bantuan Ilahi.


Perhatikan pernyataan berikut !
Kalau di depan seseorang ada dua jalan. Pertama, menuju ke sebuah negeri yang semuanya serba kacau, pembunuhan, perompakan, pembantaian kehormatan, ketakutan, dan kelaparan. Yang kedua menuju sebuah negeri yang semuanya serba teratur, keamanan yang terkendali, kesejahteraan yang melimpah ruah, jiwa, kehormatan, dan harta benda dihormati. Jalan mana yang akan ia tempuh? Ia pasti akan menempuh jalan yang kedua yang menuju suatu negeri yang teratur serta aman. Tidak mungkin orang berakal menempuh jalan yang menuju ke sebuah negeri yang kacau serta menakutkan dengan alasan takdir. Mengapa dalam urusan akhirat ia menempuh jalan yang menuju ke Neraka bukan jalan yang menuju Syurga dengan beralasan takdir?
        Contoh lain adalah seorang yang sakit disuruh meminum obat lalu meminumnya sedangkan hatinya tidak menyukainya. Dan dilarang memakan makanan yang berbahaya lalu meninggalkannya sementara hatinya menyukainya. Semua itu dimaksudkan mencari pengobatan serta kesehatan. Orang yang sakit itu tidak mungkin enggan minum obat atau melanggar memakan makanan yang berbahaya dengan alasan menyerah pada takdir. Bagaimana seseorang meninggalkan perintah Allah dan Rasul-Nya S.a.w atau melakukan larangan Allah dan Rasul-Nya dengan beralasan pada takdir?
Oleh karena itu pengakuan iman kepada qada dan qadar Allah swt harus dapat dibuktikan dalam perilaku hidup sehari – hari. Adapun perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qada dan qadar Allah swt antara lain :

1.    Melatih diri sendiri untuk pandai – pandai mensyukuri nikmat Allah.
2.    Mendidik diri untuk ikhlas menerima kenyataan hidup dengan hati sabar dan tabah.
3.    Cukup  tenang dalam hidup ini, tidak mudah terpengaruh lingkungan.
4.    Berusaha untuk dapat mengendalikan diri (tidak bersikap sombong) saat berhasil usahanya. Karena sadar bahwa keberhasilan usahanya tidak terlepas dari kehendak Allah swt.
5.    Melatih diri untuk sabar dan tabah apabila usahanya belum berhasil seperti yang  diharapkan.
6.    Senantiasa berprasangka baik kepada Allah swt ketika menghadapi kesulitan hidup.
7.    Selalu meyakini bahwa semua yang dialami manusia (baik menyenangkan maupun menyusahkan) adalah ujian dari Allah swt.
8.    Yakin bahwa di balik suatu peristiwa yang kurang menyenangkan pasti ada hikmahnya (bagi orang yang mampu mengambil hikmahnya)


5. ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
           
1. Ikhtiar
 Manusia sering tak mampu mengelak atau menghindari suatu peristiwa, misalnya :
1.    Mau atau tidak mau menusia pasti mati.
2.    Ketika kita sedang tidur nyenyak, tiba – tiba kejatuhan puing – puing pesawat terbang   sehingga tewas seketika.
3.    Kita sedang membeli makanan di warung, tiba – tiba  sebuah bus menerjang warung sehingga warung hancur dan kita mati seketika.

Pada saat yang lain seorang siswa mengalami suatu peristiwa misalnya:
1.    Seorang siswa dapat mencapai prestasi yang bagus karena rajin belajar.
2.    Seorang siswa memiliki uang yang banyak karena rajin menabung.
3.    Seorang siswa rajin berolahraga, terjamin gizinya, dan cukup istirahat sehingga tubuhnya sehat.

Tiga peristiwa pertama di atas menunjukkan bahwa manusia diberi kesempatan untuk berusaha. Mereka harus menjalani peristiwa tersebut. Sebaliknya, tiga peristiwa di bawahnya menunjukkan bahwa manusia harus berusaha. Keberhasilannya banyak dipengaruhi kadar usaha yang dilakukan. Dengan demikian dalam kenyataan hidup ini ada sesuatu yang tidak dapat diusahakan manusia dan ada pula sesuatu yang tergantung dari usaha manusia. Oleh karena itu, ulama mengatakan bahwa taqdir ada dua macam yaitu taqdir mubram dan mu’allaq .

a. Taqdir Mubram
 Taqdir mubram adalah taqdir yang tidak dapat berubah karena kemauan atau usaha manusia. Contohnya adalah soal kapan ajal manusia datang, jika ajal seseorang telah tiba, maka dia tidak mungkin manundanya. Ketika Allah menghendaki ia meninggal saat itu, maka saat itu pula ia akan meninggal. Firman Allah dalam Al Qur an surat Yunus ayat 39

اِذَاجأ ءَ اَجَلُهُمْ فَلاَ يَسْتَأْ خِرُوْنَ سَاعَةً وَّلاَ يَسْتَقْدِمُوْنَ
Artinya : “Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukan-Nya”. (QS. Yunus : 49)

     Contoh lainnya adalah nasib manusia,lahir, jodoh dan rezekinya, terjadinya kiamat, dan lain-lain.
أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ وَإِن تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُواْ هَـذِهِ مِنْ عِندِ اللهِ
 وَإِن تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُواْ هَـذِهِ مِنْ عِندِكَ قُلْ كُلًّ مِّنْ عِندِ اللهِ فَمَا لِهَـؤُلاء الْقَوْمِ لاَ يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثاً
Artinya : “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)".Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun? “(Q.S. 4 An Nisaa' 78)

b. Taqdir Mu’allaq
Taqdir mu’allaq adalah taqdir yang dapat berubah karena adanya usaha yang dilakukan manusia. Contohnya keadaan manusia semula melarat menjadi kecukupan karena usaha manusia, semula belum tahu menjadi tahu karena berusaha belajar, dan semula sakit menjadi sehat karena berusaha berobat, air jika dipanaskan pada suhu 100  C akan mendidih, dan jika didinginkan pada suhu 0   akan menjadi es. Firman Allah dalam surat  Arra’du ayat 11 :
اِنَّ اللهَ لاَ يُغَيِّرُمَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْ

Artinya:” Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. (QS. Ar Ra;du : 11)

Manusia adalah makhluk yang lemah.Mereka harus mengakui kebesaran dan kekuasaan Allah swt yang mencipta, mengatur, dan menguasai alam semesta. Manusia tidak mengetahui apa–apa yang akan terjadi atas dirinya sendiri. Baik kejadian yang menyenangkan maupun yang menyusahkan. Manusia tidak dapat mengatakan bahwa besok akan terjadi hujan lebat. Mereka hanya memperkirakan berdasarkan pengalaman.Islam mensyariatkan bahwa manusia wajib berusaha secara maksimal, sedangkan hasilnya ada pada kekuasaan Allah swt semata. Firman Allah dalam surat An Najm ayat 39 :

وَاَنْ لَّيْسَ لِلاِنْسَانِ اِلاَّ مَا سَعَى

Artinya : “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya”. (QS. An Najm : 39 )

Surat An Najm ayat 39 menjelaskan bahwa manusia hanya akan memperoleh hasil sesuai apa yang diusahakan. Usaha yang sungguh – sungguh akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Sebaliknya usaha yang hanya sekedarnya akan menghasilkan sesuatu yang kurang baik. Surat Ar Ra’du ayat 11 menerangkan bahwa perubahan keadaan suatu kaum berdasarkan usaha yang dilakukan kaum itu sendiri. Oleh karena itu manusia hendaknya berusaha semaksimal untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan. Masa depan dalam kehidupan di dunia ini dan yang lebih penting adalah masa depan kehidupan di akherat kelak. Umat Islam hendaknya mengutamakan masa depan akherat. Apabila kita memprioritaskan masa depan kehidupan di akhirat, secara langsung kehidupan di dunia akan tercukupi.

2. Bersikap Tawadlu’ kepada Kebesaran Allah swt.

Orang yang beriman secara benar terhadap takdir memiliki ketenangan jiwa dan kestabilan emosi atau perasaan.Ia tidak mudah berbangga hati apabila usaha yang dilakukan berhasil. Sebaliknya ia juga tidak mudah susah dan putus asa apabila usahanya belum berhasil seperti yang diharapkan. Segala sesuatu tidak hanya tergantung kepada usaha manusia saja, tetapi atas kehendak Allah swt.Keberhasilan maupun kegagalan diyakini sebagai ujian dari Allah swt.Semuanya dikembalikan kepada kekuasaan Allah swt.Dia yang menguasai dan mengatur segalanya. Allah swt berfirman dalam
surat Al Kahfi ayat 7 :
اِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى اْلاَرْضِ زِيْنَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ اَيُّهُمْ اَحْسَنُ عَمَلاً

Artinya :Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya. (QS. Al Kahfi : 7)

Dengan memahami ayat di atas, orang yang beriman secara benar terhadap taqdir menyadari bahwa ujian dari Allah swt.Bermacam-macam bentuknya. Pada suatu saat manusia diuji Allah swt dengan kesenangan dan saat yang lain diuji dengan kesusahan. Hanya kekuatan iman yang mampu menghadapi semua ujian secara baik.Semakin tinggi tingkat imannya, semakin baik pula menyikapi semua persoalan hidup.


3. Tabah Hati dalam menghadapiMusibah

Beriman kepada taqdir berarti meyakini bahwa semua yang ada di dunia ini terjadi menurut kuasa dan kehendak Allah swt yang di dalamnya terdapat hubungan sebab akibat. Oleh sebab itu orang yang beriman  secara benar terhadap takdir Allah niscaya tabah dalam menghadapi cobaan hidup. Orang tersebut tidak menggerutu dan tidak pula menyesali nasib dirinya.Kesedihan hati saat menghadapi cobaan hidup merupakan hal wajar.Apabila keimanan terhadap takdir cukup kuat, kesedihan tersebut tidak berlarut – larut sampai putus asa, tidak memudarkan semangat, dan tidak memusnahkan gairah hidupnya. Disebutkan dalam Al Qur an surat Al Hadid ayat 22 dan 23 yang artinya :
 “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidah bersedih hati terhadap apa yang luput Dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.”  (QS. Al Hadid : 22, 23)

3. Ridha terhadap Takdir :
1.    Ridha terhadap ketaatan, merupakan sesuatu yang diperintahkan.
2.    Ridha terhadap musibah, merupakan sesuatu yang diperintahkan, baik bersifat anjuran maupun kewajiban.
3.    Ridha untuk menjauhi kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan.
4. Banyak bersyukur dan bersabar
Orang yang beriman kepada qadha dan qadar, apabila mendapat keberuntungan, maka ia akan bersyukur, karena keberuntungan itu merupakan nikmat Allah yang harus disyukuri. Sebaliknya apabila terkena musibah maka ia akan sabar, karena hal tersebut merupakan ujian. Sebagaimana firman Allah yang artinya:”dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah( datangnya), dan bila ditimpa oleh kemudratan, maka hanya kepada-Nya lah kamu meminta pertolongan. ”( QS. An-Nahl ayat 53).

5. Jauh dari sifat sombong dan putus asa
Orang yang tidak beriman kepada qadha dan qadar, apabila memperoleh keberhasilan, iamenganggap keberhasilan itu adalah semata-mata karena hasil usahanya sendiri. Ia pun merasa dirinya hebat. Apabila ia mengalami kegagalan, ia mudah berkeluh kesah dan berputus asa , karena ia menyadari bahwa kegagalan itu sebenarnya adalah ketentuan Allah. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (QS.Yusuf ayat 87)
Sabda Rasulullah: yang artinya” Tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya ada sebiji sawi dari sifat kesombongan.”( HR. Muslim)
6. .Memupuk sifat optimis dan giat bekerja
Manusia tidak mengetahui takdir apa yang terjadi pada dirinya. Semua orang tentu menginginkan bernasib baik dan beruntung.Keberuntungan itu tidak datang begitu saja, tetapi harus diusahakan.Oleh sebab itu, orang yang beriman kepada qadha dan qadar senantiasa optimis dan giat bekerja untuk meraih kebahagiaan dan keberhasilan itu.Sebagaimana firman Allah SWT.yang artinya :
 Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS Al- Qashas ayat 77)

7. Berani qanaah (rela menerima kenyataan hidup yang dialami dengan ikhlas).
8. Berani menghadapi persoalan hidup karena yakin semuanya yang dialami ujian dari Allah swt.
9. Memiliki keberanian dalam berjuang menegakkan Islam karena yakin bahwa hidup dan    mati ada pada kuasa Allah swt.
10. Memiliki jiwa yang tenang, tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik.
11. Mampu mengendalikan dirinya di saat suka maupun duka.Tidak mudah bangga jika usahanya berhasil, tidak mudah lemah semangat apabila usahanya belum berhasil.


RANGKUMAN
1.      Beriman kepada qada dan qadar adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala yang ada di dunia ini terjadi menurut kuasa dan kehendak Allah yang di dalamnya terdapat hubungan sebab akibat.
2.      Iman kepada qada dan qadar termasuk pokok-pokok kepercayaan dalam Islam. Setiap muslim wajib mengimaninya. Pengingkaran terhadapnya sama dengan mengingkari semua pokok-pokok kepercayaan atau kafir.
3.      Mengembangkan sikap positif terhadap qada dan qadar dapat diwujudkan dalam bentuk ikhtiyar, tawakal, tawadu’ dan tabah dalam menghadapi musibah
4.      Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qada dan qadar antara lain :
a.       Melatih diri bersikap sabar
b.      Bisa mengendalikan diri di suasana apapun
c.       Senantiasa bersyukur atas segala pemberian Allah



AYO BERLATIH

                            I.     Penerapan

Berilah tanda centang (√)pada kolom yang tersedia sesuai dengan pendapat kalian !
No
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju
1.
Iman kepada Qada Qadar senantiasa berikhtiyar dan bersyukur


2.
Marah apabila usahanya belum berhasil


3.
Yakin bahwa setiap peristiwa ada hikmahnya


4.
Selalu berprasangka baik kepada Allah dalam keadaan sulit


5
Gegabah dalam menjalani hidup




                              II.     Pilihan Ganda

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1.    Ketetapan Allah yang bersifat azali disebut… .
a.   nasib                                        c.   qadar                
b. qadha                                        d.   takdir
2.    Keputusan Allah yang berdasarkan ketetapan serta usaha dan doa ialah….
a.   qadha                                      c.   qadar
b.   nasib                                        d.   tawakal
3.    Qadar dalam segi bahasa artinya… .
a.   ketetapan                                c.   kejadian
b.   memutuskan suatu hal            d.   a, b, dan c salah
4.    Allah telah menentukan rizki seseorang. Hal tersebu t termasuk… .
a.   qadha                                      c.   nasib
b.   qadar                                       d.   takdir
5.    Ketetapan yang sudah ada sebelum kelahiran suatu makhluk disebut… .
a.   azhari                                      c.   azali
b.   abadi                                       d.   ghazali
6.    Berikut adalah fungsi beriman kepada qadha dan qadar Allah, Kecuali… .
a.   meningkatkan keimanan
b.   mendapatkan kebahagiaan hidup
c.   terhindar dari kebahagiaan dosa
d.   bersikap pesimis
7.    Mengunci rumah agar tidak dirampok merupakan… .
a.   doa                                          c.   usaha
b.   pasrah                                      d.   sabar
8.    Allah akan merubah takdir jika seseorang… .
a.   berusaha                                  c.   berusaha dan doa
b.   berdoa                                     d.   berdzikir
9.    Rudi meninggal karena kecelakaan. Hal itu mengandung pengertian … .
a.   qadha                                      c.   nasib
b.   qadar                                       d.   takdir
10.  Seseorang ditakdirkan menjadi orang miskin. Ia dapat mengubah dengan cara… .
a.   sabar dan tawakal                   c.   bekerja keras
b.   berdoa kepada Allah               d.   a, b, dan c benar

                           III.     Uraian

Jelaskan pertanyaan berikut secara singkat dan tepat !
1.    Apakah yang dimaksud takdir mubram  ? sebutkan contohnya !

Jawab :   ………………………………………………………………………………
               ………………………………………………………………………………

2.    Apa yang dimaksud takdir mu’allaq ? sebutkan contohnya !

Jawab :   ………………………………………………………………………………
               ………………………………………………………………………………
3.                Bagaimanakah pengertian iman kepada takdir ?

Jawab :  ………………………………………………………………………………
              ………………………………………………………………………………
4.    Mengapa orang wajib berusaha ?

Jawab :  ………………………………………………………………………………
              ………………………………………………………………………………
5.    Bagaimanakah tuntutan Islam tentang usaha manusia berkaitan dengan adanya takdir Allah SWT ?
Jawab :  ………………………………………………………………………………

              ………………………………………………………………………………

1 komentar:

  1. Artikel sangat cukup membantu dalam materi, tetapi ukuran font tulisannya terlalu kecil. Sebaiknya diubah ukurannya.
    Ohiya, mampir ya ke blog saya http://affhfrhazzahra.blogspot.co.id/
    Salam kenal :)

    BalasHapus